VISUAL BASIC

Apa yang kamu ketahui  tentang bahasa pemograman  Qbasic dan Visual basic, jelaskan  perbedaan antara kedua bahasa pemograman tersebut.

     a.    visual basic.
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat, Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.[1] Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.[1] Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.[1]Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.

Visual Basic merupakan cara termudah dan tercepat untuk membuat aplikasi yang dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows®. Visual Basic menyediakan sekumpulan perangkat untuk mempermudah dan menyederhanakan pengembangan aplikasi yang tangguh.

Kata “Visual” merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical User Interface (GUI). Daripada menulis berbaris-baris kode untuk menjelaskan pemunculan dan lokasi dari suatu elemen di dalam antar muka, Anda dengan mudah dapat menambahkan object yang sebelumnya sudah dibangun ke dalam tempat dan posisi yang Anda inginkan di layar Anda. Jika Anda pernah menggunakan program untuk menggambar seperti Paint, maka Anda sebenarnya sudah memiliki keahlian uuntuk membuat sebuah antar muka pengguna secara efektif.

Kata “Basic” merujuk kepada bahasa BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code), sebuah bahasa yang digunakan oleh banyak programmer dibandingkan dengan bahasa lainnya dalam sejarah komputer. Visual Basic telah berubah dari bahasa asli BASIC dan sekarang memiliki ratusan pernyataan (statements), fungsi (functions), dan kata kunci (keywords), dan kebanyakan di antaranya terkait dengan antar muka grafis di Windows. Pengguna tingkat pemula sekalipun dapat membuat aplikasi dengan mempelajari hanya beberapa kata kunci, sementara kekuatan dari bahasanya membolehkan para pengguna tingkat professional mencapai apapun yang dapat dihasilkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Windows lainnya.
        b.    Qbasic.

Qbasic adalah salah satu bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa basic, Qbasic sendiri singkatan dari Quick Basic yang merupakan salah satu produk Microsoft. Qbasic cukup baik untuk belajar dasar pemrograman. Bahasa Qbasic ini dapat dipelajari dari internet dan program.
          c.     Perbedaan Qbasic dan Visual basic.
 Bahasa pemrograman Visual Basic tidaklah hanya identik dengan Visual Basic saja. Sistem Pemrograman Visual Basic dalam bentuk Edisi Aplikasi, telah dimasukkan ke dalam Microsoft Excel, Microsoft Access, dan banyak aplikasi Windows lainnya juga menggunakan bahasa yang sama. Visual Basic Scripting Edition (VBScript) adalah sebuah bahasa skrip yang digunakan secara lebih umum dan merupakan bagian dari bahasa Visual Basic.
sedangkan Qbasic Pada dasarnya Q=Quick (cepat), dan Basicnya adalah Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code (sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi).
    2 .     Jelaskan diikuti dengan  Gambar cara melakukan instalasi bahasa pemograman visual basic.
Berikut caranya :
1  .      Siapkan CD software visual basic 6.0 ke dalam CD room.
2  . Setelah masuk, jangan dulu di instal. Jika CD langsung melakukan auto play, silakan di stop terlebih dahulu.
3  . Buka drive CD Visual Basic tadi melalui My Computer. Dan temukan file Setup.exe
4  . Nah, pada setup.exe ini kita akan melakukan configurasi agar visual basic 6.0 ini bisa berjalan dengan lancar pada windows 7. Caranya, klik kanan pada file Setup.exe tadi dan pilih properties.
5  . Silakan setting seperti gambar di bawah ini.
6. Setelah selesai, klik OK dan lakukan penginstalan seperti biasa. Dan jika muncul peringatan “Program Compatibility Assistant” seperti gambar dibawah ini, klik saja Run Program.
7. Tunggu sampai penginstalan selesai. Dan anda akan melihat program Visual Basic 6.0 siap untuk di gunakan.
    3.    Sebutkan dan jelaskan Menu-menu yang ada pada komponen toolbox.
 
Adapun fungsi-fungsi komponen-komponen kontrol yang ada di ToolBox pada Visual Basic 6:
1.      Pointer
Gunakan Pointer jika anda ingin memilih komponen kontrol yang sudah di pasang di form.
2.      Label
Untuk membuat teks seperti judul, dan sebagainya. Label tidak bisa di ubah-ubah oleh user.
3.      Frame
Untuk membuat sebuah bingkai.
4.      CheckBox
Untuk membuat kontrol pilihan, dimana kontrol ini terpilih jika di klik user. CheckBox dapat di pilih 1 atau lebih.
5.      ComboBox
Untuk membuat kontrol kombinasi antara TextBox dengan ListBox.
6.      HScrollBar
Untuk membuat Scrollbar secara horizontal.
7.      Timer
Untuk kontrol waktu.
8.      DirListBox
Untuk menampilkan direktori atau folder.
9.      Shape
Untuk membuat kotak, persegi panjang atau lingkaran.
10.  Image
Untuk membuat gambar.
11.  OLE
Untuk menghubungkan software lain ke form.
12.  PictureBox
Untuk menampilkan gambar di form.
13.  TextBox
Untuk membuat teks yang bisa di ubah-ubah oleh user.
14.  CommandButton
Untuk membuat tombol, seperti tombol OK, cancel, dan sebagainya terserah anda.
15.  OptionButton
Fungsinya sama seperti CheckBox, namun OptionButton hanya dapat di pilih 1 oleh user.
16.  ListBox
Untuk membuat daftar pilihan.
17.  VScrollBar
Untuk membuat Scrollbar secara vertikal.
18.  DriveListBox
Untuk menampilkan drive yang ada di komputer.
19.  FileListBox
Untuk menampilkan file-file.
20.  Line
Untuk membuat garis.
21.  Data
Untuk menghubungkan database ke form.

No comments

Featured post

CARA MELAKUKAN PEMBOBOLAN Wifi(Wireless) DAN CARA PENGGULANGANNYA

I. PENDAHULUAN Perkembangan teknologi berkembang sangat cepat. Untuk masalah keamanan komputer pun sekarang semakin canggih. Namun tidak...